MENGELOLA KELAS BERBASIS SOAL HOTS
A.
Pengertian HOTS
Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau High
Order Thinking Skill (HOTS) adalah proses berfikir kompleks
dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, mengnalisis,
dan membangun hubungan dengan
melibatkan aktivitas mental yang
paling dasar. Implementasi soal HOTS dapat dibagi menjadi
beberapa tipe yaitu implementasi
pada tipe soal olimpiade, PISA,
TIMSS, dan AKM.
B. Tujuan dan Manfaat HOTS
Tujuan utama dari HOTS
adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik
pada level yang lebih tinggi,
terutama yang berkaitan dengan kemampuan
untuk berpikir secara kritis dalam
menerima berbagai jenis informasi, berpikir kreatif dalam
memecahkan suatu masalah
menggunakan pengetahuan yang dimiliki,
berargumen dengan baik dan mampu
mengkonstruksi penjelasan, serta membuat keputusan
dalam
situasi-situasi yang kompleks. HOTS
dapat memberikan manfaat
seperti terasahnya siswa untuk menarik
kesimpulan, melakukan evaluasi dan membuat serta
mengadu argumentasi. Hal ini membuat
penguasaan materi menjadi lebih baik dan dapat diuji di ajang diskusi atau
debat sekalipun.
C. Pentingnya HOTS
Berdasarkan tujuan dan
manfaat HOTS, maka HOTS
adalah konsep yang sangat penting bagi siswa terutama
di era digital. Porsi pengajaran dan
soal-soal HOTS dalam kurikulum selanjutnya
besar kemungkinan
akan semakin meningkat. Hal-hal yang perlu dilakukan
guru dan orangtua
terkait dengan pentingnya HOTS adalah sebagai berikut:
a. Ikut mengenali dan memahami konsep HOTS
b. Melatih anak mengerjakan soal-soal tipe HOTS
c. Melakukan
praktik-praktik HOTS di
kelas dan dirumah
D.
Ciri-Ciri
Soal HOTS
1.
Soal HOTS Fokus pada “Menalar”
2.
Soal HOTS tidak selalu sulit
3.
Soal HOTS banyak menanyakan fenomena sehari-hari
4.
Transfer satu konsep
ke konsep lainnya
5.
Memproses dan menerapkan informasi
6.
Mencari kaitan dari
berbagai informasi yang berbeda-beda
7.
Menggunakan informasi
untuk menyelesaikan masalah
8.
Menelaah ide dan
informasi secara kritis
E. Tips dan Langkah Membuat Soal HOTS
1. Soal
HOTS bisa dibuat dengan membuat pertanyaan
dengan jawaban terbuka
2.
Soal HOTS
dapat dibuat dengan memodifikasi soal
biasa/rutin untuk kemudian di ‘hots’kan.
3.
Soal HOTS
bisa dibuat dengan menggunakan kalimat pertanyaan yang mendorong evaluasi.
4.
Soal HOTS
bisa dibuat dengan menggunakan kalimat pertanyaan yang mendorong kreativitas.
5.
Soal HOT
berupa soal problem solving, yaitu soal yang cara penyelesaian tidak rutin, termasuk teka-teki.
Langkah -Langkah dalam menyusun soal HOTS diantaranya adalah sebagai
berikut:
1.
Menganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS.
2.
Menyusun kisi-kisi
soal.
3.
Memilih stimulus
yang menarik dan kontekstual
4.
Menulis butir pertanyaan
pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi
soal. Butir-butir pertanyaan ditulis
agar sesuai dengan kaidah penulisan
butir soal.
5.
Membuat pedoman penskoran
atau kunci jawaban.
F.
STRATEGI MENGELOLA KELAS BERBASIS SOAL HOTS
1.
Menjelaskan apa yang dimaksud
dengan HOTS
2.
Menghubungkan
konsep
3.
Mengajarkan siswa untuk
menyimpulkan
4.
Mendorong siswa
untuk bertanya
5.
Menggunakan peta konsep/diagram
6.
Mengajarkan strategi pemecahan masalah
7.
Mendorong berpikir
kreatif
8.
Menggunakan film
pikiran
9.
Mengajarkan siswa untuk
menguraikan jawaban.
Komentar
Posting Komentar