MENGELOLA KELAS BERBASIS SOAL HOTS

 

MENGELOLA KELAS BERBASIS SOAL HOTS



 

A.     Pengertian HOTS

Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skill (HOTS) adalah proses berfikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, mengnalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar. Implementasi soal HOTS dapat dibagi menjadi beberapa tipe yaitu implementasi pada tipe soal olimpiade, PISA, TIMSS, dan AKM.

 

B.     Tujuan dan Manfaat HOTS

Tujuan  utama  dari  HOTS  adalah  bagaimana  meningkatkan  kemampuan berpikir peserta didik pada level yang lebih tinggi, terutama yang berkaitan dengan  kemampuan untuk berpikir secara kritis dalam menerima  berbagai  jenis  informasi,  berpikir  kreatif  dalam memecahkan suatu masalah menggunakan pengetahuan yang dimiliki, berargumen dengan baik dan mampu mengkonstruksi penjelasan,  serta membuat  keputusan dalam  situasi-situasi yang kompleks. HOTS  dapat  memberikan  manfaat seperti terasahnya siswa untuk menarik kesimpulan, melakukan evaluasi dan  membuat  serta mengadu argumentasi. Hal ini membuat  penguasaan materi menjadi lebih baik dan dapat diuji di ajang diskusi atau debat sekalipun.

 

C.     Pentingnya HOTS

Berdasarkan tujuan dan manfaat HOTS, maka  HOTS  adalah  konsep  yang  sangat penting bagi siswa terutama di era digital. Porsi pengajaran dan soal-soal HOTS dalam kurikulum  selanjutnya  besar  kemungkinan  akan  semakin  meningkat.   Hal-hal   yang perlu dilakukan guru dan orangtua terkait dengan pentingnya HOTS adalah sebagai berikut:

a.  Ikut  mengenali   dan memahami  konsep HOTS

b.  Melatih  anak mengerjakan  soal-soal tipe HOTS

c.  Melakukan praktik-praktik HOTS di kelas dan dirumah


 

D.     Ciri-Ciri Soal HOTS

1.               Soal HOTS Fokus pada “Menalar”

2.               Soal HOTS tidak selalu sulit

3.               Soal HOTS banyak menanyakan fenomena sehari-hari

4.               Transfer satu konsep ke konsep lainnya

5.               Memproses  dan menerapkan informasi

6.               Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda

7.               Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah

8.               Menelaah ide dan informasi secara kritis

 

 

E.     Tips dan Langkah Membuat Soal HOTS

1.  Soal HOTS bisa dibuat dengan membuat pertanyaan dengan jawaban terbuka

2.  Soal HOTS dapat dibuat dengan memodifikasi soal biasa/rutin untuk kemudian di ‘hots’kan.

3.  Soal HOTS bisa dibuat dengan menggunakan kalimat pertanyaan yang mendorong evaluasi.

4.  Soal HOTS bisa dibuat dengan menggunakan kalimat pertanyaan yang mendorong kreativitas.

5.  Soal HOT berupa soal problem solving, yaitu soal yang cara penyelesaian tidak rutin, termasuk teka-teki.

Langkah -Langkah dalam menyusun soal HOTS diantaranya adalah sebagai berikut:

1.               Menganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS.

2.               Menyusun kisi-kisi soal.

3.               Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual

4.              Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir soal.

5.               Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban.


 

F.      STRATEGI MENGELOLA KELAS BERBASIS SOAL HOTS

1.                Menjelaskan apa yang dimaksud dengan HOTS

2.                Menghubungkan konsep

3.                Mengajarkan siswa untuk menyimpulkan

4.                Mendorong siswa untuk bertanya

5.                Menggunakan peta konsep/diagram

6.                Mengajarkan strategi pemecahan masalah

7.                Mendorong berpikir kreatif

8.                Menggunakan film pikiran

9.                Mengajarkan siswa untuk menguraikan jawaban.


Komentar