PENGELOLAAN KELAS PASCA BENCANA

 

PENGELOLAAN KELAS PASCA BENCANA




A.     Bencana alam terdiri dari 3 jenis yaitu:

1.               Bencana hydro-meteorological berupa banjir, topan, banjir bandang, kekeringan dan tanah longsor.

2.               Bencana geophysical berupa gempa, tsunami, dan aktifitas vulkanik

3.               Bencana biological berupa epidemi, penyakit tanaman dan hewan. Bencana teknologi terbagi menjadi tiga grup.

Ada lima fase secara umum dalam Penanggulangan bencana, yaitu:

a)                Prediction (prediksi);

b)               Warning (peringatan);

c)                Emergency relief (bantuan darurat);

d)              Rehabilitation (rehabilitasi); dan

e)                Reconstruction (rekonstruksi).

Menurut Dadang Solihin dalam FGD Deputi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukhankam (2014) beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengembangkan pendidikan daerah tertinggal pasca bencana antara lain:

-       Pembangunan dan rehabilitasi sarana pendidikan dasar

-       Mengoptimalkan kemitraan dengan lembaga kemitraan dalam bidang pendidikan.

-       Pemerataan distribusi dan kapasitas tenaga pendidik

-       Pemberian beasiswa bagi anak-anak dikawasan pasca bencana

B.     Penyelenggaraan penanggulangan bencana pada tahap pasca bencana meliputi:

1.               Rehalibitasi ; melalui kegiatan

a)                perbaikan lingkungan daerah bencana

b)               perbaikan prasaran dan sarana umum

c)                pemberian bantuan perbaikan rumah masyarakat

d)              pemulihan sosial psikologis pelayanan kesehatan

e)                rekonsiliasi dan resolusi konflik;

f)                 pemulihan sosial ekonomi budaya

g)               pemulihan keamanan dan ketertiban;


h)               pemulihan fungsi pemerintahan

i)                  pemulihan fungsi pelayanan publik

2.               Rekonstruksi, dilakukan melalui kegiatan pembangunan yang lebih baik, meliputi:

a)                Pembangunan kembali prasarana dan sarana

b)               Pembangunan kembali sarana sosial masyarakat

c)                Pembangkitan kembali kehidupan sosial budaya masyarakat

d)             Penerapan rancang bangunan yang tepat dan penggunaan peralatan yang lebih baik dan tahan bencana

e)               Partisipasi dan peran serta lembaga dan organisasi kemasyarakatan, dunia usaha, dan masyarakat, peningkatan kondisi sosial, ekonomi dan budaya.

f)                Peningkatan fungsi pelayanan publik; dan peningkatan pelayanan utama dalam masyarakat

C.     Mengajar Pasca Bencana

Bencana dapat menyebabkan gangguan  psikologi, sosial  ekonomi  dan  pendidikan, sehingga hal yang pertama dilakukan dalam mengajar pasca bencana adalah melakukan pemulihan seperti:

1.                    Menghilangkan rasa trauma

2.                Mendorong anak menyampaikan pikiran dan perasaan

3.                Menjadi panutan positif

4.                Mengedukasi anak mengenai bencana

5.                Menciptakan rutinitas sederhana

Materi yang diberikan dalam pembelajaran pasca bencana adalah materi yang ringan dan pembelajaran yang menyenangkan, yang terpenting adalah guru tidak ikut trauma.


Komentar