PENGELOLAAN KELAS PASCA BENCANA
PENGELOLAAN KELAS PASCA BENCANA
A. Bencana alam terdiri dari 3
jenis yaitu:
1.
Bencana hydro-meteorological berupa banjir, topan, banjir
bandang, kekeringan dan tanah longsor.
2.
Bencana geophysical
berupa gempa, tsunami, dan aktifitas vulkanik
3.
Bencana biological berupa epidemi,
penyakit tanaman dan hewan.
Bencana teknologi terbagi menjadi tiga grup.
Ada lima fase secara umum dalam Penanggulangan bencana,
yaitu:
a)
Prediction (prediksi);
b)
Warning (peringatan);
c)
Emergency relief
(bantuan darurat);
d)
Rehabilitation (rehabilitasi);
dan
e)
Reconstruction
(rekonstruksi).
Menurut Dadang Solihin dalam
FGD Deputi Kesatuan Bangsa Kemenko
Polhukhankam (2014) beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengembangkan pendidikan daerah tertinggal pasca
bencana antara lain:
-
Pembangunan dan rehabilitasi sarana pendidikan dasar
-
Mengoptimalkan kemitraan
dengan lembaga kemitraan dalam
bidang pendidikan.
-
Pemerataan distribusi
dan kapasitas tenaga pendidik
-
Pemberian beasiswa bagi
anak-anak dikawasan pasca bencana
B.
Penyelenggaraan penanggulangan
bencana pada tahap pasca bencana meliputi:
1.
Rehalibitasi ; melalui
kegiatan
a)
perbaikan lingkungan
daerah bencana
b)
perbaikan prasaran dan sarana umum
c)
pemberian bantuan perbaikan rumah masyarakat
d)
pemulihan sosial
psikologis pelayanan kesehatan
e)
rekonsiliasi dan resolusi
konflik;
f)
pemulihan sosial
ekonomi budaya
g)
pemulihan keamanan dan ketertiban;
h)
pemulihan fungsi
pemerintahan
i)
pemulihan fungsi
pelayanan publik
2.
Rekonstruksi, dilakukan
melalui kegiatan pembangunan yang
lebih baik, meliputi:
a)
Pembangunan kembali
prasarana
dan sarana
b)
Pembangunan kembali
sarana sosial
masyarakat
c)
Pembangkitan kembali
kehidupan sosial budaya masyarakat
d)
Penerapan rancang bangunan yang
tepat dan penggunaan peralatan
yang lebih baik dan tahan bencana
e)
Partisipasi dan
peran serta lembaga dan organisasi kemasyarakatan, dunia usaha, dan masyarakat, peningkatan kondisi sosial, ekonomi dan budaya.
f)
Peningkatan fungsi pelayanan publik; dan peningkatan pelayanan utama dalam masyarakat
C. Mengajar Pasca Bencana
Bencana dapat menyebabkan
gangguan psikologi,
sosial ekonomi dan
pendidikan, sehingga hal yang pertama dilakukan dalam mengajar pasca bencana adalah melakukan pemulihan seperti:
1.
Menghilangkan rasa trauma
2.
Mendorong anak menyampaikan pikiran dan perasaan
3.
Menjadi panutan
positif
4.
Mengedukasi anak mengenai
bencana
5.
Menciptakan rutinitas
sederhana
Materi
yang diberikan dalam pembelajaran pasca bencana adalah materi yang ringan dan
pembelajaran yang menyenangkan, yang terpenting adalah guru tidak ikut trauma.
Komentar
Posting Komentar